Apa yang Menyebabkan Mata Menangis Saat Mengiris Bawang?

Ketika mengiris atau memotong bawang merah, maka akan dipastikan mata menangis. Hal yg telah dikenal luas & nyaris seluruhnya orang mengalaminya. Disaat mulai sejak memotong atau mengiris bawang, sehingga mata terasa perih & tidak dengan disadari air mata serta jatuh mengalir di pipi. Tidak Sedikit orang lakukan upaya utk menggosok demi menghindari tangisan yg lebih lanjut, tapi aspek ini justru cuma dapat menciptakan makin tidak baik.

Apa sebenarnya yang menyebabkan kita bisa menangis saat mengiris bawang? Dalam ulasan jurnal kesehatan terhadap edisi April 2014, dijelaskan kala mengiris atau memotong bawang, berarti memecah sel di dalamnya yg menciptakan bawang melepaskan kandungan asam sulfenik. Asam ini tercampur dgn enzim & seterusnya membuahkan gas yg dinamakan propanethiol D-oxide.

Dikala gas ini mencapai mata kita & tercampur dgn air di dalam mata kita, sehingga terbentuklah asam sulfurik. Bawang mempunyai manfaat bagi kesehatan badan kita utk menurunkan kolesterol & bawang, pun mengandung vitamin C yg tinggi.



Kepada asam sulfurik ini yg bakal menciptakan mata terasa perih & membuahkan air mata ke luar. Makin tidak sedikit air mata yg diproduksi, makin tidak sedikit pun asam dihasilkan, maka makin lama bakal menyebabkan iritasi. Bersama memasak bawang bakal menciptakan enzim jadi tak aktif & mata kita kembali normal.

Disarankan utk menghindari terjadinya faktor ini, sebaiknya memotong bawang dekat atau di bawah air mengalir. Bersama keadaan ini, bakal menciptakan gas dari bawang terserap air yg mengalir & tak menyangkut mata. Namun trik ini dianggap tak praktis & tak irit air. Seterusnya memotong atau mengiris bawang dibawah air mampu mengakibatkan kecelakaan.

Ada serta saran sebaiknya bawang didinginkan apalagi dahulu yg bertujuan buat memperlambat pelepasan asam dari bawang. Memang Lah bawang tidak butuh hingga beku, cuma dinginkan di frezeer selagi sepuluh atau lima belas menit saja.

Yg menarik, saran memakai pelindung mata dikala mengiris atau memotong bawang, tetapi elemen ini mampu menjadi bahan tertawaan keluarga. Bagi para tukang masak profesional menyarankan utk memotong atau mengiris bawang lebih serta-merta maka gas dari bawang tak pernah masuk ke dalam mata. Di Sayangkan, faktor ini tak enteng & susah dilakukan.
Apa yang Menyebabkan Mata Menangis Saat Mengiris Bawang? | Unknown | 5

0 komentar:

Posting Komentar